PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL, ULASAN KONSUMEN ONLINE, DAN KARAKTER TERHADAP MINAT BELI NOVEL DENGAN KREDIBILITAS SEBAGAI MODERASI PADA APLIKASI KBM - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MOHAMMAD HAEKAL HAKIM

Informasi Dasar

61 kali
25.04.3573
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam beberapa tahun terakhir, platform literasi digital di Indonesia seperti KBM App berkembang pesat dan memberi peluang monetisasi bagi penulis. Namun, hanya 8,4% dari 73.721 penulis aktif yang berhasil memperoleh penghasilan, mengindikasikan kesenjangan dalam strategi pemasaran digital. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli pembaca, yaitu pemasaran media sosial, ulasan konsumen online, citra karakter, dan kredibilitas penulis. Penelitian ini mengkaji pengaruh pemasaran media sosial, ulasan konsumen online, dan citra karakter terhadap minat beli di aplikasi KBM, dengan kredibilitas penulis sebagai variabel moderasi. Dalam konteks literasi digital, karakter cerita, reputasi penulis, dan promosi menjadi faktor kunci dalam menarik pembaca dan meningkatkan monetisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis SEM. Data diperoleh dari 385 pengguna aktif KBM App melalui kuesioner online. Instrumen mencakup variabel utama seperti pemasaran media sosial, ulasan konsumen online, citra karakter, kredibilitas penulis, dan minat beli. Validitas, reliabilitas, dan hipotesis diuji untuk menilai hubungan antar variabel. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya ulasan konsumen online dan pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Namun, citra karakter dan kredibilitas penulis tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Selain itu, kredibilitas penulis juga tidak memoderasi hubungan antara variabel-variabel independen dengan minat beli. Temuan ini mengindikasikan bahwasanya dalam konteks KBM App, keterlibatan pengguna lebih dipengaruhi oleh bukti sosial eksternal dibandingkan faktor naratif atau personal dari penulis. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan literatur mengenai pemasaran digital dan perilaku konsumen dalam konteks platform literasi digital. Secara praktis, temuan ini menjadi dasar bagi pengelola KBM App dan para penulis untuk merancang strategi promosi dan penguatan personal branding guna meningkatkan pembelian karya. Rekomendasi utama meliputi perlunya pelatihan pemasaran digital bagi penulis, peningkatan fitur komunitas dalam aplikasi, dan pemanfaatan ulasan positif sebagai alat pengaruh sosial untuk meningkatkan minat beli novel di platform KBM.

Kata Kunci: Kredibilitas Penulis, Citra Karakter, Pemasaran Digital, Monetisasi, Minat Beli Novel, Ulasan Konsumen Daring, Pemasaran Media Sosial.

Subjek

MANAJEMEN PEMASARAN
 

Katalog

PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL, ULASAN KONSUMEN ONLINE, DAN KARAKTER TERHADAP MINAT BELI NOVEL DENGAN KREDIBILITAS SEBAGAI MODERASI PADA APLIKASI KBM - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 117p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMMAD HAEKAL HAKIM
Perorangan
Abdurrahman Faris Indriya Himawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • DAK4OAA4 - Tugas Akhir 2*

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini