ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI BISNIS PADA PT. DWIKAPPA ASRIUTAMA MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX QSPM - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ICHSAN IBRAHIM ALI AKBAR

Informasi Dasar

24 kali
25.04.4079
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. DWIKAPPA ASRIUTAMA, sebuah perusahaan yang bergerak dalam sektor Engineering, Procurement, and Construction (EPC) khususnya industri minyak dan gas, menghadapi tantangan persaingan industri yang ketat dan dinamika pasar yang kompleks. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya stagnasi pendapatan perusahaan yang memerlukan analisis mendalam untuk perumusan strategi bisnis yang efektif dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) yang mempengaruhi PT. DWIKAPPA ASRIUTAMA; (2) merumuskan alternatif strategi pengembangan bisnis; dan (3) menentukan strategi prioritas yang paling sesuai untuk diimplementasikan guna meningkatkan daya saing perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data melibatkan penggunaan kerangka kerja strategis komprehensif, dimulai dengan Matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation), analisis PESTEL, Porter's Five Forces, dilanjutkan dengan Matriks SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan Matriks IE (Internal-External) untuk menghasilkan alternatif strategi. Strategi prioritas kemudian dipilih menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategi bisnis yang terukur dan aplikatif bagi PT. Dwikappa Asriutama untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan keunggulan kompetitif di industrinya.

Kata Kunci: Strategi Bisnis, Pengembangan Bisnis, Analisis SWOT, QSPM, IFE & EFE,
PESTEL, Porter’s Five Forces, Industri EPC.

Subjek

MANAJEMEN STRATEGI
 

Katalog

ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI BISNIS PADA PT. DWIKAPPA ASRIUTAMA MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX QSPM - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
x, 116p.: il,; pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ICHSAN IBRAHIM ALI AKBAR
Perorangan
Mohammad Riza Sutjipto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • EBH0I4 - MANAJEMEN STRATEGI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini