PERANCANGAN PERBAIKAN POSITIONING BRAND FASHION MUSLIM DAILYQUEEN BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN SWOT ANALYSIS - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MOCHAMMAD ILHAM RAIHAN SOPYAN

Informasi Dasar

31 kali
25.04.4276
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan fashion muslim di Indonesia terus mengalami perkembangan. E-commerce menjadi salah satu tempat penjualan fashion busana muslim yang sering digunakan dalam kegiatan jual beli. Dailyqueen merupakan salah satu brand yang memanfaatkan e-commerce sebagai salah satu tempat penjualan. Namun mengalami penurunan profit sehingga tidak tercapainya target penjualan. Hal ini menunjukkan adanya permasalahan dalam brand awareness dan persepsi konsumen. Tujuan dari penelitian ini ialah merancang strategi perbaikan positioning Dailyqueen berdasarkan perceptual mapping menggunakan metode Multidimensional Scalling (MDS) dan SWOT Analysis. Data pada penelitian didapatkan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 240 responden terpilih yang merupakan pengguna fashion muslim. Terpilih delapan atribut yang ditetapkan dalam perceptual mapping, yaitu kualitas bahan, harga produk, variasi model produk, reputasi brand, variasi ukuran produk, model kekinian, promo yang menarik, dan kemudahan dalam pembelian. Hasil pengolahan MDS menunjukkan bahwa Dailyqueen memiliki keunggulan pada atribut harga dan kualitas bahan, namun memiliki kelemahan pada atribut variasi model produk, variasi ukuran produk, dan kemudahan dalam pembelian jika dibandingkan dengan kompetitor. Analisis SWOT menghasilkan strategi SO, WO, ST, dan WT yang lebih mengedepankan pada peningkatan variasi model produk, variasi ukuran produk, kemudahan dalam pembelian, dan harga produk. Implikasi penelitian ini ialah terancangnya strategi positioning yang dapat meningkatkan brand awareness konsumen dan mencapai target penjualan. Strategi yang telah dirancang pada penelitian ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan dan memberikan solusi kepada Dailyqueen guna mencapai target penjualan dan persaingan pasar fashion muslim yang semakin kompetitif.
Kata Kunci: Positioning, Fashion Muslim, Dailyqueen, Perceptual Mapping, Multidimensional Scaling, SWOT Analysis

Subjek

POSITIONING-MARKETING
 

Katalog

PERANCANGAN PERBAIKAN POSITIONING BRAND FASHION MUSLIM DAILYQUEEN BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN SWOT ANALYSIS - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 93p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMMAD ILHAM RAIHAN SOPYAN
Perorangan
Boby Hera Sagita, Sari Wulandari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • IEI433 - PEMASARAN JASA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini