Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Indah Tiga Saudara - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ADINDA PUTRI BASTIANI

Informasi Dasar

72 kali
25.04.4367
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT

Indah Tiga Saudara, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa distribusi bahan bakar minyak (BBM).

Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausal. Populasi dalam

penelitian ini adalah seluruh pelanggan tetap perusahaan, dan teknik pengambilan sampel menggunakan total

sampling dengan jumlah responden sebanyak 15 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis

model SERVQUAL yang mencakup lima dimensi kualitas layanan: tangibles, reliability, responsiveness,

assurance, dan empathy. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum dianalisis menggunakan

regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan

signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,977. Hal ini

menunjukkan bahwa sebesar 97,7% variasi dalam kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh persepsi terhadap

kualitas layanan. Uji t menghasilkan nilai signifikansi < 0,001, mengindikasikan pengaruh yang signifikan secara

statistik. Model regresi juga dinyatakan memenuhi asumsi normalitas, linearitas, dan homoskedastisitas.

Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa kualitas pelayanan merupakan faktor kunci dalam membentuk

tingkat kepuasan pelanggan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi perusahaan untuk terus

meningkatkan mutu pelayanan di seluruh dimensi SERVQUAL secara konsisten dan berorientasi pada

kebutuhan pelanggan.

Subjek

KEPUASAN PELANGGAN
 

Katalog

Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Indah Tiga Saudara - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
x, 37p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADINDA PUTRI BASTIANI
Perorangan
Kristina Sisilia
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • SN322013 - MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini