PERANCANGAN PERBAIKAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN SEBLAK INCESS MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING - Dalam bentuk buku karya ilmiah

YESYA HURIYAH NABILAH

Informasi Dasar

104 kali
25.04.4384
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan UMKM di Indonesia menunjukkan perkembangan pesat, termasuk dalam sektor kuliner. Salah satu bisnis kuliner yang berkembang di Karawang adalah Seblak Incess. Namun, berdasarkan analisis pendapatan dan aktivitas pemasaran, Seblak Incess menunjukkan revenue growth yang rendah dibandingkan kompetitor. Hal ini mengindikasikan adanya kelemahan dalam program komunikasi pemasaran yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perbaikan program komunikasi pemasaran Seblak Incess dengan menggunakan metode benchmarking. Metode benchmarking digunakan untuk membandingkan praktik terbaik dari pesaing utama, dengan tahapan identifikasi partner benchmark, analisis competitive profile matrix (CPM), penetapan key performance indicators (KPI), hingga identifikasi gap dan perancangan solusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Seblak Incess memiliki kelemahan utama dalam aspek promosi digital, terutama Instagram, seperti rendahnya engagement rate dan tidak variatifnya konten. Dengan mengacu pada praktik terbaik dari kompetitor, perbaikan program komunikasi pemasaran difokuskan pada peningkatan kualitas konten, interaktivitas media sosial, dan pemanfaatan fitur digital. Rekomendasi yang diberikan diharapkan mampu meningkatkan brand awareness dan revenue growth Seblak Incess secara berkelanjutan.

 

Kata Kunci: UMKM, komunikasi pemasaran, benchmarking, CPM, KPI, Seblak Incess.

Subjek

BENCH MARKING
 

Katalog

PERANCANGAN PERBAIKAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN SEBLAK INCESS MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 144p,: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YESYA HURIYAH NABILAH
Perorangan
Sari Wulandari, Yati Rohayati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • IEI4Q3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • IE4424 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini