PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING DI TIKTOK SHOP DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA GEN Z DAN MILENIAL - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUTHIA AYU PUSPITA

Informasi Dasar

154 kali
25.04.4395
658.84
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

TikTok Shop adalah fitur e-commerce inovatif dari platform TikTok yang memberikan pengalaman kolaborasi antara penjual, pembeli, dan content creator dalam satu platform. TikTok Shop diluncurkan pada tahun 2021 di Indonesia sebagai pengembangan dari fitur live shopping. Kota Bandung sebagai salah satu kota yang menjadi pusat tren gaya hidup dan memiliki generasi muda yang aktif dalam pengguna media sosial, menjadi peluang untuk diteliti. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji pengaruh Shopping Lifestyle dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying di TikTok Shop, dengan Posiitve Emotion sebagai variabel mediasi pada Gen Z dan Milenial. Di tengah fenomena doom spending di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian berjumlah 385 responden. Teknik pengambilan data sampel non-probability sampling dengan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner online berbasis Google Form. Pengujian menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Shopping Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying melalui Positive Emotion, dengan nilai T-Value 4.125 > 1.96 dan P-Value 0.000 < 0.05. Serta, Hedonic Shopping Motivation yang juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Positive Emotion, dengan nilai T-Value 4.305 > 1.96 dan P-Value 0.000 < 0.05. Maka dapat dikatakan bahwa variabel Positive Emotion berhasil memediasi kedua variabel independen terhadap variabel dependen, dimana didapatkan nilai path coefficient sebesar 12,5% dan 11,4%. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis tersebut, TikTok Shop disarankan untuk memperbaiki algoritma promosi dan mempertahankan fitur seperti live streaming agar pengguna merasa nyaman serta puas saat berbelanja menggunakan TikTok Shop.
 

Subjek

PEMASARAN
 

Katalog

PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING DI TIKTOK SHOP DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA GEN Z DAN MILENIAL - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 136p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTHIA AYU PUSPITA
Perorangan
Arry Widodo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • KBI4I3 - BISNIS DIGITAL
  • KBI1H3 - PEMASARAN
  • KBI2L3 - PERILAKU KONSUMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini