PERANCANGAN MODEL BISNIS PADA BASO BUDI MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS - Dalam bentuk buku karya ilmiah

DICKY AGUSTINUS MULIA MAILOA

Informasi Dasar

27 kali
25.04.4400
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Baso Budi merupakan salah satu tempat makan yang telah beroperasi sejak tahun 2020 dan berada di Kabupaten Bandung, yang berlokasi pada Jl. Telekomunikasi No.235, Lengkong, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40287. Bakso Budi dikenal karena kualitas bahan bakunya yang segar dan halal, serta cita rasa kuah khas yang gurih dan lezat. Usaha ini telah menjadi pilihan favorit masyarakat setempat dan para mahasiswa/mahasiswi untuk menikmati makanan yang lezat dengan harga terjangkau. Bakso Budi beroperasi baik secara offline dan juga online. Dalam menjalankan bisnisnya, Baso Budi mengalami permasalahan yaitu target pendapatan yang tidak tercapai. Akar permasalahan dari tidak tercapainya target yaitu terdapat banyak competitor, libur panjang perkuliahan, kurangnya variasi produk, serupa dengan competitor, strategi promosi yang kurang optimal, hanya menggunakan platform Instagram sebagai promosi, dan keterbatasan kapasitas SDM dalam pemasaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan metode pemecahan masalah yang efektif yaitu: merancang model bisnis usulan dengan menganalisis dan mengidentifikasi 9 blok elemen menggunakan Business Model Canvas. Beberapa data yang diperlukan yaitu data primer yang merupakan hasil dari rekapan wawancara dengan pemilik dan pelanggan Baso Budi serta melakukan observasi lapangan, untuk dapat diolah menjadi bisnis model eksisting dan Customer profile. Kemudian data lain yang dibutuhkan yaitu data sekunder yang merupakan hasil dari studi literatur untuk mendapatkan data analisis lingkungan bisnis. Data primer dan sekunder tersebut kemudian diolah dan dianalisis dengan SWOT, setelah itu dibuat Value Proposition Canvas. Pengolahan data tersebut menjadi dasar untuk merancang Business Model Canvas usulan Baso Budi. Penelitian dan perancangan ini memiliki tujuan untuk memahami dan memberikan usulan model bisnis kepada Baso Budi dengan pemetaan Business Model Canvas, hasil identifikasi Customer profile, analisis lingkungan bisnis, analisis SWOT beserta perancangan strategi bisnisnya, dan juga hasil dari pemetaan Value Propositions. Hasil dari perancangan tersebut yaitu Business Model Canvas usulan bagi Baso Budi. Berdasarkan hasil rancangan Business Model Canvas usulan tersebut, didapatkan usulan perbaikan pada penambahan customer segment yaitu segmen pelanggan masyarakat luar wilayah Telkom University, Value Propositions dengan meningkatkan penawaran variasi produk beragam, harga yang terjangkau, serta menambahkan paket bundling dan tempat parkir memadai. Customer relationship dengan penambahan konten media sosial yang menarik, informasi jam operational yang jelas, dan menawarkan diskon serta promo khusus. Channels dengan peningkatan penggunaan media sosial Instagram, penambahan Whatsapp dan media sosial TikTok. Revenue streams dengan meningkatkan penjualan produk secara offline dan penjualan produk secara online melewati e-commerce. Key activities dengan penambahan pemeriksaan kualitas bahan baku. Key partnership dengan penambahan pemasok alternatif. Cost structure dengan penambahan biaya pemasaran, dan penyewaan tempat parkir. Model bisnis usulan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan memecah permasalahan yang ada di Baso Budi.

Subjek

BUSINESS ANALYTICS
 

Katalog

PERANCANGAN MODEL BISNIS PADA BASO BUDI MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xvii, 139p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DICKY AGUSTINUS MULIA MAILOA
Perorangan
Endang Chumaidiyah, Nanang Suryana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • IEI473 - PERANCANGAN MODEL BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini