Mengingat iklim ekonomi saat ini, kewirausahaan memainkan peran penting, terutama di bidang penciptaan lapangan kerja, dorongan inovasi, dan peningkatan daya saing bangsa. Karena tingkat daya cipta dan keakraban mereka yang tinggi dengan teknologi, generasi muda, dan mahasiswa pada khususnya, dipandang memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan kewirausahaan. Oleh karena itu, kita perlu menemukan cara untuk membangkitkan semangat anak-anak dalam berwirausaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana dorongan intrinsik mahasiswa dan konteks kekeluargaan membentuk minat berwirausaha selama kuliah di Universitas Telkom. Mencari tahu faktor-faktor apa, jika ada, yang mempengaruhi minat wirausaha di kalangan keluarga mahasiswa Universitas Telkom menjadi pendorong di balik penelitian ini. Tiga ratus sembilan puluh tujuh mahasiswa berwirausaha di Universitas Telkom mengisi survei yang terdiri dari strategi pengumpulan data kuantitatif. Tiga belas pertanyaan dengan skala likert disertakan dalam survei. Metode statistik seperti regresi linier berganda, analisis deskriptif, pengujian hipotesis (uji t dan uji F), dan koefisien determinasi digunakan untuk menjelaskan temuan penelitian. Studi ini menemukan bahwa minat berwirausaha sangat dipengaruhi oleh motivasi intrinsik dan situasi keuangan keluarga, menurut hasil t-test. Kesimpulan: H0 ditolak berdasarkan hasil ini. Pada saat yang sama, uji F menemukan bahwa minat seseorang untuk memulai bisnisnya sendiri dipengaruhi oleh motivasi intrinsik dan dinamika keluarganya. Penelitian tersebut menghasilkan nilai R-kuadrat sebesar 59,6 persen.
Kata Kunci : Motivasi, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha, Generasi Z, Universitas Telkom