MOTIF PENGGUNA FITUR BERBAYAR PADA APLIKASI BUMBLE: ANALISIS USES AND GRATIFICATION - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ADREE RAFSANJANI AKBAR

Informasi Dasar

39 kali
25.04.4660
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi komunikasi digital telah mengubah cara individu membangun dan menjalin relasi interpersonal, termasuk melalui aplikasi kencan daring sepertiBumble. Dalam konteks ini, muncul fenomena meningkatnya penggunaan fitur berbayar yang menawarkan personalisasi dan efisiensi dalam proses pencarian pasangan. Penelitian ini berangkat dari permasalahan mengenai bagaimana fitur berbayar dalam aplikasi Bumble memengaruhi motif interaksi penggunanya. Dengan menggunakan teori Uses and Gratifications dari Denis McQuail (1987), penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motif pengguna dalam memanfaatkan fitur berbayar dan bagaimana fitur tersebut memenuhi empat gratifikasi umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi literatur untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif pengguna fitur berbayar pada aplikasi Bumble memenuhi seluruh gratifikasi umum dalam teori Uses and Gratification:Entertainment (pengguna merasakan pengalaman yang lebih menyenangkan dan tidak membosankan saat menjelajahi aplikasi), Information (membantu pengguna memperoleh informasi yang relevan dan personal), Personal Identity (, penggunaan fitur berbayar meningkatkan rasa percaya diri pengguna), Integration and Social Interaction (fitur berbayar memungkinkan pengguna membangun koneksi sosial yang lebih berkualitas).

Subjek

MARKETING COMMUNICATION
 

Katalog

MOTIF PENGGUNA FITUR BERBAYAR PADA APLIKASI BUMBLE: ANALISIS USES AND GRATIFICATION - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 136p.: il,; pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADREE RAFSANJANI AKBAR
Perorangan
Indria Angga Dianita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • EAK4QBA4 - Skripsi

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini