ANALISIS PERAN PUBLIC RELATIONS BPJS KETANAGAKERJAAN DALAM MERANCANG STRATEGI PENGELOLAAN KELUHAN PELANGGAN MELALUI INSTAGRAM - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ADIT PRASETYA NUGRAHA

Informasi Dasar

42 kali
25.04.4687
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media sosial telah menjadi saluran penting bagi lembaga pelayanan publik dalam membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat. BPJS Ketenagakerjaan sebagai lembaga jaminan sosial memanfaatkan media sosial Instagram sebagai kanal utama untuk menangani keluhan pelanggan secara langsung dan responsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi public relations BPJS Ketenagakerjaan dalam menangani keluhan pelanggan layanan jaminan sosial melalui media sosial Instagram @bpjs.ketenagakerjaan. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini mengacu pada model strategi public relations dari Cutlip, Center, dan Broom yang mencakup empat sub-analisis: identifikasi masalah, perencanaan program, pelaksanaan komunikasi, dan evaluasi program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan menjalankan strategi komunikasi digital secara terstruktur melalui monitoring keluhan, klasifikasi isu, penyusunan konten edukatif, serta evaluasi berkala berbasis sentimen publik. Respons yang dilakukan tidak hanya solutif secara personal, tetapi juga bersifat edukatif dan preventif untuk menjaga citra lembaga serta meningkatkan kepuasan peserta. Dengan strategi ini, BPJS Ketenagakerjaan menunjukkan peran aktif dalam membangun hubungan positif dengan publik di ruang digital. Kata Kunci: Public Relations, Strategi, Keluhan Pelanggan, Instagram.

Subjek

PUBLIC RELATIONS
 

Katalog

ANALISIS PERAN PUBLIC RELATIONS BPJS KETANAGAKERJAAN DALAM MERANCANG STRATEGI PENGELOLAAN KELUHAN PELANGGAN MELALUI INSTAGRAM - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 83p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADIT PRASETYA NUGRAHA
Perorangan
Aqida Nuril Salma
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Hubungan Masyarakat
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • EBK4MAA4 - Skripsi

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini