PERANCANGAN MODEL BISNIS SIM KLINIK BERBASIS DIGITAL PLATFORM : STUDI KASUS PADA ADVOMED - Dalam bentuk buku karya ilmiah

I GEDE ARYA PUTRA DEWANGGA

Informasi Dasar

44 kali
25.05.427
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Advomed sebagai perusahaan penyedia ekosistem digital manajemen klinik, menghadapi kendala dalam menciptakan nilai tambah bagi mitra kliniknya. Riset ini bertujuan untuk merancang model bisnis yang dapat memaksimalkan kinerja klinik dengan meminimalisir risiko operasional, meningkatkan pengambilan keputusan berbasis data, dan mengoptimalkan pendapatan melalui teknologi kecerdasan buatan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, studi kasus, dan analisis dokumen. Riset ini berfokus pada implementasi strategi platform digital yang dapat menciptakan efek jaringan (network effects) dan memperkuat hubungan dalam ekosistem mitra klinik Advomed.

Penelitian ini diharapkan agar integrasi sistem rekam medis elektronik (EMR) dapat meningkatkan efisiensi operasional klinik serta memperluas akseslayanan kesehatan pasien. Selain itu, model bisnis ini juga memungkinkan Advomed untuk berperan sebagai fasilitator kolaborasi antara klinik dan apotek mitra, sehingga menciptakan keuntungan kompetitif yang berkelanjutan.Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan strategibisnis berbasis digital di sektor kesehatan, dengan fokus pada inovasi ekosistem yang dapat meningkatkan daya saing klinik mitra Advomed.

Ringkasan dari riset ini yakni Implementasi Advomed dalam membangun dan menggunakan efek jaringan ialah menyusun rencana tindakan yang jelas dan terperinci untuk tiap elemen PBMC. Rencana tindakan ini terdiri dari strategi spesifik, tujuan serta langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mengimplementasikan setiap bagian dari PBMC. Masukan Persepsi pengguna/pelanggan yang kurang senang terhadap nilai proposisi yang ditawarkan perusahaan dapat dijadikan bahan evaluasi untuk pengembangan nilai proposisi dalam penetapan strategi pemasaran terutama pada strategi segmenting, targeting, dan positioning yang lebih baik dan Harus mempertahankan elemen nilai proposisi yang menjadi pembeda dengan pesaing lainnya.

 

Kata Kunci: Perancangan Model Bisnis, SIM Klinik, Digital Platform, Advomed

Subjek

DIGITAL BUSINESS
 

Katalog

PERANCANGAN MODEL BISNIS SIM KLINIK BERBASIS DIGITAL PLATFORM : STUDI KASUS PADA ADVOMED - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
ix, 93p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I GEDE ARYA PUTRA DEWANGGA
Perorangan
Dodie Tricahyono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen PJJ
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • DAK6KAB4 - Design Thinking for Business
  • ELI1S2 - POLA PIKIR BISNIS DIGITAL
  • ELI1U2 - STRATEGI PLATFORM

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini