PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI CONSUMER ENGAGEMENT DAN TRUST PADA LAYANAN LPK DI JAWA TIMUR DAN JAWA BARAT - Dalam bentuk buku karya ilmiah

DEVI SETYOWATI

Informasi Dasar

38 kali
25.05.534
658.872
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) merupakan organisasi yang memenuhi syarat untuk mengadakan pelatihan kerja yang dikelola oleh pemerintah, badan hukum, atau perorangan. Ada ratusan LPK di Indonesia telah memiliki izin resmi untuk mengirim tenaga kerja ke Jepang. Saat ini banyak LPK yang mulai memanfaatkan strategi digital marketing, khususnya melalui social media, untuk menarik calon peserta pelatihan.
LPK yang berada di Jawa Timur dan Jawa Barat digunakan sebagai objek penelitian untuk mengidentifikasi pengaruh digital marketing terhadap Purchase Intention, dengan consumer engagement sebagai variabel mediator dan Consumer Trust  sebagai variabel moderator. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan paradigma positivisme. Data diperoleh dari 384 responden dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui SmartPLS 4.0.
Hasil pengujian data menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention. Consumer engagement terbukti memediasi hubungan digital marketing terhadap Purchase Intention pada LPK. Namun, Consumer Trust  tidak berperan sebagai moderator antara digital marketing dan engagement. Analisis demografis menemukan bahwa hanya lokasi yang berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. Hasil Multigroup Analysis (MGA) menunjukkan model struktural konsisten di kedua wilayah. Uji robustness mendukung validitas model, yang dinyatakan linier, sebagian bebas endogeneity, dan tidak ditemukan unobserved heterogeneity secara ekstrim.
Penelitian ini menekankan pentingnya strategi digital marketing yang meningkatkan keterlibatan konsumen. Penyesuaian konten berdasarkan wilayah juga diperlukan, mengingat perbedaan pengaruh berdasarkan lokasi.
 
Kata kunci: Digital Marketing, Consumer Trust, Consumer Engagement, Purchase Intention, Lembaga Pelatihan Kerja (LPK)
 

Subjek

DIGITAL MARKETING
 

Katalog

PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI CONSUMER ENGAGEMENT DAN TRUST PADA LAYANAN LPK DI JAWA TIMUR DAN JAWA BARAT - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiv, 172p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEVI SETYOWATI
Perorangan
Maria Apsari Sugiat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen PJJ
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini