ANALISIS SENTIMEN PUBLIK TERHADAP PELUNCURAN DANANTARA DI MEDIA SOSIAL TWITTER, INSTAGRAM DAN TIKTOK MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE DAN PENGEMBANGAN SKALA SENTIMEN MELALUI FUZZY LOGIC - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD AFDHAL FAHRI

Informasi Dasar

64 kali
25.05.556
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Peluncuran Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara (Danantara) sebagai Sovereign Wealth Fund (SWF) baru di Indonesia memicu respons publik yang beragam. Di satu sisi, Danantara diharapkan mampu mengoptimalkan pengelolaan aset negara dan memperkuat perekonomian nasional. Di sisi lain, publik mengkritisi transparansi dan potensi intervensi politik dalam pengelolaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen publik terhadap Danantara berdasarkan data dari media sosial Twitter, Instagram, dan TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Support Vector Machine (SVM) untuk klasifikasi sentimen, yang kemudian diperluas menggunakan logika fuzzy agar dapat dibedakan ke dalam lima kategori (Sangat Negatif, Negatif, Netral, Positif, dan Sangat Positif). Data dikumpulkan dengan teknik crawling, terdiri atas total 19.092 data, 5.544 tweet dari Twitter, 6.974 komentar dari Instagram, dan 6.574 komentar dari TikTok. Seluruh data diproses melalui tahapan pre-processing, klasifikasi SVM, serta pemetaan fuzzy untuk memperkaya skala interpretasi sentimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentimen negatif paling dominan, khususnya menyangkut isu transparansi dan kekhawatiran terhadap potensi korupsi. Meski demikian, sentimen positif juga muncul, terutama dalam bentuk dukungan terhadap potensi ekonomi Danantara. Model SVM memberikan akurasi yang baik dalam mengklasifikasikan data, sementara logika fuzzy berhasil meningkatkan kedalaman pemahaman terhadap intensitas opini publik. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan model analisis sentimen yang lebih adaptif terhadap dinamika sosial digital. Secara praktis, temuan ini dapat menjadi landasan bagi pembuat kebijakan dalam memahami persepsi publik dan mengevaluasi penerimaan terhadap kebijakan strategis seperti Danantara.
 

Subjek

Data mining-clustering analysis
 

Katalog

ANALISIS SENTIMEN PUBLIK TERHADAP PELUNCURAN DANANTARA DI MEDIA SOSIAL TWITTER, INSTAGRAM DAN TIKTOK MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE DAN PENGEMBANGAN SKALA SENTIMEN MELALUI FUZZY LOGIC - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xix, 141p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD AFDHAL FAHRI
Perorangan
Mahir Pradana, Budi Rustandi Kartawinata
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Administrasi Bisnis
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • KBI7T2 - KOMUNIKASI BISNIS GLOBAL
  • KBI6J3 - MANAJEMEN & ANALISIS BIG DATA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini