Disleksia merupakan gangguan belajar yang memengaruhi kemampuan membaca, salah satu jenisnya adalah diseidetik disleksia yang berkaitan dengan kesulitan dalam mengenali kata secara visual. Hal ini banyak terjadi di daerah Tebet, Jakarta Selatan, di mana lingkungan tersebut padat sekolah. Perlunya media pembelajaran visual yang dirancang khusus untuk anak diseidetik disleksia guna membantu mereka belajar membaca secara efektif di tengah tuntutan membaca pada usia prasekolah yang masih belum ramah terhadap kebutuhan mereka. Perancangan ini bertujuan untuk merancang buku ilustrasi berbasis pola visual sebagai media pendukung pembelajaran membaca bagi anak usia 6–8 tahun dengan diseidetik disleksia. Metode yang dilakukan untuk penelitian ini menggunakan metode kualitatif meliputi observasi, wawancara dengan psikolog dan guru, serta studi literatur untuk memahami kebutuhan visual anak disleksia, lalu data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan metode analisis matriks dan SWOT. Hasil perancangan berupa buku ilustrasi berjudul “Tama si Harimau Sumatra”, yang menggunakan tipografi ramah disleksia. Buku tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu media pendukung untuk pembelajaran membaca bagi anak diseidetik disleksia dengan cara yang lebih menyenangkan dan sesuai kebutuhan mereka.
Kata kunci : diseidetik disleksia, media belajar, pola visual, anak usia 6-8 tahun