Perkembangan e-commerce di Indonesia menunjukkan pertumbuhan pesat, didorong oleh meningkatnya penetrasi internet dan penggunaan smartphone. Tokopedia sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka perlu memahami faktor-faktor yang memengaruhi adopsi penggunanya, khususnya dari generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat dan perilaku penggunaan Tokopedia oleh Generasi Z usia 18–27 tahun di DKI Jakarta dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden yang telah memenuhi kriteria inklusi. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) melalui aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruk Price Value, Habit, dan Behavioral Intention berpengaruh signifikan terhadap niat maupun perilaku penggunaan Tokopedia. Sementara itu, konstruk Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, dan Hedonic Motivation tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memasarkan layanan ke Gen Z, Tokopedia perlu berfokus pada pembentukan kebiasaan pengguna, persepsi nilai harga, dan penguatan intensi penggunaan melalui strategi yang konsisten dan relevan. Penelitian ini juga memperkaya kajian perilaku adopsi teknologi di sektor e-commerce Indonesia dengan pendekatan UTAUT2 pada kelompok usia muda.