Berkontribusi pada proyek open source software (OSS) dapat memberikan wawasan dan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa di bidang software engineering. Namun, mahasiswa sering menghadapi berbagai hambatan dalam berkontribusi yang menyebabkan mereka tidak terlibat lebih jauh dalam proyek OSS. Penelitian ini menyelidiki dampak gamifikasi terpersonalisasi terhadap motivasi dan engagement mahasiswa dalam proyek OSS. Dengan menerapkan Hexad Framework, elemen-elemen permainan disesuaikan untuk mencocokkan preferensi mahasiswa yang beragam, menciptakan pengalaman kontribusi OSS yang lebih menarik dan mendukung. Evaluasi dilakukan dengan melibatkan mahasiswa dalam proyek OSS nyata untuk menguji engagement dan motivasi mereka terhadap proyek dan lingkungan tersebut. Melalui wawancara semi-terstruktur, hasil menunjukkan bahwa lingkungan gamifikasi terpersonalisasi dapat mempertahankan engagement dengan memfasilitasi proses onboarding mahasiswa ke dalam proyek OSS dan memotivasi mereka menggunakan elemen yang sesuai dengan preferensi individual mereka, seperti poin, achievements/badges, dan leaderboard. Temuan ini menyarankan penggunaan gamifikasi sebagai strategi dalam proyek OSS untuk mempertahankan kontributor baru, terutama di kalangan mahasiswa.