MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI KEGIATAN PROMOSI ABOVE THE LINE & BELOW THE LINE. (STUDI PADA USAHA KULINER SATE KAMBING PAK KAMTO KOTA KLATEN TAHUN 2025) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NORIKHA HASBILLAH NURSA

Informasi Dasar

62 kali
25.06.538
000
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Perkembangan industri kuliner di Indonesia yang sangat pesat di era digital

menuntut pelaku usaha untuk melakukan inovasi, khususnya dalam strategi

promosi. Banyak bisnis kuliner menghadapi tantangan promosi yang tidak

terencana dan kurang efektif, termasuk pada usaha Sate Kambing Pak Kamto.

Kurangnya strategi promosi yang tepat menyebabkan usaha ini sulit berkembang

dan menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga diperlukan penelitian untuk

memahami efektivitas promosi, khususnya dengan pendekatan above the line

(ATL) dan below the line (BTL).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan

pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan Sate

Kambing Pak Kamto. Validitas dan reliabilitas instrumen diuji untuk memastikan

keandalan data, kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif untuk melihat

tanggapan terhadap aktivitas promosi ATL dan BTL. Selain itu, analisis

menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA) turut digunakan untuk

menilai kinerja dan prioritas pengembangan aspek layanan dan promosi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi ATL yang

dilaksanakan memiliki dampak yang baik terhadap minat beli pelanggan dengan

rata-rata skor 78%. Sementara itu, promosi BTL menunjukkan hasil yang sangat

signifikan dengan rata-rata skor 81%, yang berarti strategi ini sangat penting dalam

meningkatkan penjualan. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan

promosi ATL dan BTL secara kolaboratif untuk mendukung pertumbuhan usaha

Sate Kambing Pak Kamto di tengah persaingan industri kuliner yang semakin

kompetitif.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Pemasaran, Promosi Above The Line &

Below The Line

Subjek

PEMASARAN
 

Katalog

MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI KEGIATAN PROMOSI ABOVE THE LINE & BELOW THE LINE. (STUDI PADA USAHA KULINER SATE KAMBING PAK KAMTO KOTA KLATEN TAHUN 2025) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 38p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NORIKHA HASBILLAH NURSA
Perorangan
Sampurno Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • VPI3H4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini