Pengembangan Aplikasi Mobile Learning RoadMap.dev untuk Siswa SMK Jurusan RPL menggunakan Metode Extreme Programming - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RIZKY NUGRAHA HERLIYANTO

Informasi Dasar

85 kali
25.04.5654
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi menuntut siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) untuk memiliki panduan belajar yang terstruktur sesuai kebutuhan industri. Namun, hasil observasi di SMKN 1 Banjar menunjukkan belum tersedianya media pembelajaran berbasis mobile yang mampu memandu siswa dalam menentukan jalur pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile learning RoadMap.dev yang menyediakan roadmap pembelajaran, kuis evaluasi, pelacak progres, leaderboard, dan fitur Tanya AI berbasis chatbot.
Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model Extreme Programming (XP) yang meliputi tahapan planning, design, coding, dan testing. Proses perancangan sistem diawali dengan studi pendahuluan melalui observasi, wawancara, dan survei kebutuhan kepada 32 siswa SMK jurusan RPL. Evaluasi dilakukan melalui black-box testing untuk menguji fungsionalitas sistem, serta usability testing menggunakan kuesioner skala Likert 20 pertanyaan yang diintegrasikan dengan kerangka Self-Determination Theory (SDT).
Hasil pengujian black-box menunjukkan seluruh fungsi utama aplikasi berjalan sesuai harapan, kecuali beberapa skenario batas (boundary cases) pada fitur kuis. Usability testing menghasilkan skor rata-rata 4,48 (kategori sangat baik). Integrasi dengan SDT menunjukkan dimensi Competence memperoleh skor tertinggi (4,60), diikuti Autonomy (4,45) dan Relatedness (4,35). Temuan ini mengindikasikan bahwa aplikasi RoadMap.dev telah mampu memberikan panduan belajar yang terstruktur, mendukung motivasi belajar mandiri, serta relevan dengan kebutuhan siswa SMK jurusan RPL.

Subjek

TUGAS AKHIR
 

Katalog

Pengembangan Aplikasi Mobile Learning RoadMap.dev untuk Siswa SMK Jurusan RPL menggunakan Metode Extreme Programming - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKY NUGRAHA HERLIYANTO
Perorangan
Rifki Adhitama, Ariq Cahya Wardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Rekayasa Perangkat Lunak - Kampus Purwokerto
Purwokerto
2025

Koleksi

Kompetensi

  • IKG4E4 - TUGAS AKHIR II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini