Anak usia dini 4 hingga 5 tahun berada pada masa perkembangan yang sangat penting, termasuk dalam kemampuan berbahasa dan pengenalan huruf. Namun, dalam praktiknya, masih banyak anak PAUD yang mengalami kesulitan dalam mengenali bentuk dan bunyi huruf karena media pembelajaran yang kurang menarik dan kurang sesuai dengan cara belajar anak. Anak usia dini cenderung belajar melalui aktivitas bermain yang menyenangkan dan menggunakan indera secara langsung.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media edukatif interaktif berbasis permainan untuk membantu anak usia 4 hingga 5 tahun dalam mengenal huruf. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru, anak, dan orang tua, serta studi literatur dan analisis produk serupa.
Hasil perancangan berupa media edukasi berbentuk permainan papan yang menggabungkan balok huruf, kartu bergambar hewan buah, dan papan permainan. Media ini dirancang menggunakan bahan ramah anak, bentuk yang aman, serta warna cerah untuk menarik perhatian anak. Berdasarkan hasil pengujian, media ini mampu meningkatkan minat dan keterlibatan anak dalam belajar huruf dengan cara yang sesuai dengan perkembangan usia dini.
Kata kunci: belajar, media edukasi, pengenalan huruf, PAUD, permainan