Pengelolaan media sosial Instagram berperan penting dalam membangun hubungan dengan audiens. Public Speaking Institute Indonesia organisasi di bidang public speaking yang mengelola Instagram untuk menjalin komunikasi dengan audiensnya. Pada pengelolaannya, terdapat beberapa tantangan seperti belum adanya karakteristik pesan, belum adanya konten pilar yang konsisten, serta visualisasi desain yang kurang sesuai dengan citra organisasi. Dalam perancangan karya ini penulis berperan sebagai social media specialist untuk mengimplementasikan pengelolaan media sosial Instagram sebagai media publikasi yang terbagi ke dalam tiga tahapan yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pra produksi yakni melakukan riset dan analisis akun, serta perencanaan konten. Produksi memuat pembuatan konten feeds, stories, dan reels. Pasca produksi mencakup editing, caption, review, publikasi, dan optimalisasi. Penulis menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui kegiatan pengelolaan Instagram @cpsidn, hasil yang dicapai, pada aspek context adalah terciptanya karakteristik pesan yang dibagi menjadi tiga konten pilar, yaitu informatif, edukatif, dan hiburan. Aspek communication penulis berhasil memproduksi total 163 konten, yang terdiri dari feeds, stories, dan reels. Aspek collaboration dengan pemanfaatan fitur tag account untuk menyebarluaskan pesan, serta aspek connection yaitu terbentuknya hubungan berkelanjutan dengan audiens. Pengelolaan media sosial yang dilakukan memperlihatkan Instagram dapat dimanfaatkan sebagai alat publikasi bagi Public Speaking Institute Indonesia.
Kata Kunci: Pengelolaan Media Sosial, Instagram, Media Publikasi, Bicara Publik.