Sektor makanan merupakan salah satu sektor yang banyak diminati oleh para pelaku usaha terutama UMKM. Maza Id merupakan usaha yang dijalankan dengan melakukan penjualan produk makanan instant. Dalam menjalankan usaha, Maza Id menghadapi beberapa permasalahan. Permasalahan utama yang dihadapi yaitu terkait target penjualan yang tidak tercapai. Permasalahan disebabkan oleh tiga faktor yaitu manusia, metode, dan material. Penelitian ini dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi Maza Id. Business Model Canvas digunakan sebagai metode utama dalam penelitian. Metode lainnya yang digunakan ialah analisis SWOT, matriks TOWS, dan Value Proposition canvas. Tahapan penyelesaian masalah terdiri dari pendahuluan, pengumpulan data, pengolahan data, perancangan model bisnis, verifikasi, validasi, serta kesimpulan dan saran. Data-data yang dibutuhkan didapatkan melalui metode wawancara dan observasi terhadap objek penelitian. Evaluasi model bisnis dimulai dengan melakukan analisis terhadap model eksisting. Model eksisting dianalisis dengan menggunakan business model canvas dan analisis SWOT serta pembuatan strategi dengan matriks TOWS. Lalu, perancangan model bisnis usulan dilakukan terhadap model bisnis yang telah dievaluasi. Sehingga hasil akhir dari penelitian akan berupa model bisnis usulan. Model bisnis usulan memberikan manfaat dalam meningkatkan penjualan serta pengoptimalan terhadap model bisnis.