PT. Baja Bahana Utama merupakan salah satu perusahaan rangka atap baja ringan yang ada di Indonesia. Tingginya tingkat persaingan membuat PT. Baja Bahana Utama harus melakukan strategi untuk memenangkan persaingan untuk meningkatkan pendapatan dan menjangkau pelanggan baru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis dan mengetahui strategi bisnis yang sesuai bagi PT. Baja Bahana Utama jika ditinjau dari aspek-aspek pada Business Model Canvas. Dalam merumuskan strategi, peneliti harus menggunakan sembilan building block Business Model Canvas antara lain Customer Segments, Value Propositions, Channel, Customer Relations, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structure.Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data modeling dan kualitatif.
Hasil menunjukkan bahwa gambaran model bisnis PT. Baja Bahana Utama saat ini sudah baik jika ditinjau dari aspek-aspek Business Model Canvas. Saran kepada PT. Baja Bahana Utama yaitu PT. Baja Bahana Utama menerapkan strategi yang berpedoman pada teori Osterwalder & Pigneur yakni perlu bersaing dari segi teknologi, meningkatkan mutu serta peningkatan kualitas layanan. PT. Baja Bahana Utama juga dapat mencoba menjalin kerja sama dengan perusahaan asing atau lokal untuk membuka perusahaan bahan baku sendiri di dalam negeri.