Retail mix merupakan suatu strategi pemasaran untuk mencapai keberhasilan perusahaan, baik yang bergerak dalam bidang produksi barang maupun jasa. Toko Rangkas merupakan suatu toko retail modern yang menjual barang bekas dan barang baru yang perlu memperhatikan perilaku konsumen untuk mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh retail mix yang terdiri dari location, merchandise assortment, pricing, communication mix, store design and display dan customer service terhadap keputusan pembelian pada Toko Rangkas Bandung.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh Retail Mix terhadap Keputusan pembelian pada Toko Rangkas Bandung. Berdasarkan hasil kuesioner dengan 100 responden yang merupakan pengunjung dan pembeli di Toko Rangkas Bandung diketahui bahwa penilaian konsumen terhadap retail mix adalah sangat baik dan Keputusan untuk melakukan pembelian pada konsumen terhadap barang-barang di Toko Rangkas Bandung dinilai sangat baik terlihat pada garis kontinum yaitu dengan persentase sebesar 82,6%. Berdasarkan uji hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung = 26,331 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu nilai R Square sebesar 0,627 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 62,7%. Uji hipotesis secara parsial diketahui bahwa variabel location (X1), merchandise assortment (X2), pricing (X3), communication mix (X4), store design and display (X5) dan customer service (X6) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat.
Hasil penelitian menunjukkan variabel location (X1), merchandise assortment (X2), pricing (X3), communication mix (X4), store design and display (X5) dan customer service (X6) secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Rangkas Bandung (Y). Perlunya memperluas promosi dengan menggunakan media sosial seperti Twitter dan Facebook , untuk dapat membuat akun baru yang cenderung hemat biaya atau tidak berbiaya (gratis) namun selalu memperbarui informasi dan mengelola website secara rutin.
Kata kunci: Retail Mix dan Keputusan Pembelian Konsumen