Penelitian ini bertujuan untuk mencari preferensi konsumen terhadap menu breakfast restoran waralaba cepat saji di kota Bandung. Objek studi penelitian ini adalah beberapa restoran cepat saji di kota Bandung yang menyediakan menu sarapan pagi seperti KFC, McDonald’s, Pizza Hut, dan Dunkin Donuts. Atribut yang digunakan didalam penelitian ini adalah harga, layanan, suasana, kualitas rasa, dan variasi menu.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konjoin. Analisis konjoin adalah analisis yang paling umum digunakan untuk diterapkan terhadap market riset dan studi pengembangan produk dengan tujuan memperoleh skor kegunaan (utility) yang dapat memiliki kepentingan setiap aspek produk, juga memperoleh skor kepentingan (importance), sehingga dari skor tersebut dapat ditarik kesimpulan tentang apa saja yang paling dipertimbangkan konsumen dalam memilih sebuah produk.
Hasil dari penelitian ini adalah diperolehnya skor kepentingan dan dari setiap atribut dan taraf yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap menu breakfast restoran waralaba cepat saji yang ada di kota Bandung. Konsumen restoran cepat saji yang menjadi responden dalam penelitian ini menyatakan bahwa mereka menyukai sebuah restoran cepat saji dengan harga berkisar Antara Rp 5.000,- s.d Rp 25.000,-, dengan pelayan yang ramah, yang memberikan kualitas rasa yang sangat enak, dengan variasi menu dalam bentuk paket family, serta suasana yang jauh dari kebisingan. Dengan atribut yang paling dipentingkan konsumen sarapan pagi direstoran cepat saji adalah Harga dan kualitas rasa.
Kata kunci : Restoran cepat saji di Kota Bandung, Preferensi Konsumen, dan Analisis Konjoin