Sumber daya manusia mempunyai peran sangat startegis sebagai pelaksana dari fungsi – fungsi manajemen. Keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan fungsi – fungsi tersebut sangat bergantung pada kualitas yang dimiliki oleh manusia yang menajalankannya.Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah tidak terpenuhinya target yang diberikan perusahaan. Apabila fenomena ini tidak tertangani dengan baik maka dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan.
Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan PT PLN (Persero) Unit Pelayanan Jaringan Semarang Selatan dengan variabel bebas adalah Kompetensi dan variabel terikat adalah Kinerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kausal dengan sampel jenuh sebanyak 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi karyawan PT PLN (Persero) Unit Pelayanan Jaringan Semarang Selatan berada pada kategori tinggi demikian pula kinerja karyawan berada pada kategori tinggi. Hasil penghitungan analisis regresi sederhana terbukti bahwa kompetensi berpengaruh signifikan positif dengan koefisien determinasi sebesar 57,4%
Untuk meningkatkan kinerja PT PLN (Persero) Unit Pelayanan Jaringan Semarang Selatan, maka kemampuan karyawan dalam bekerja melampaui standar, kemampuan karyawan memahami sikap rekan kerja, kemampuan karyawan dalam memprediksi suatu kejadian yang akan mempengaruhi organisasi, kemampuan karyawan mengidentifikasi suatu masalah, dan kemampuan karyawan beradaptasi dengan lingkungan kerja perlu ditingkatkan.
Kata kunci : kompetensi, kinerja