ABSTRAK
Ketatnya persaingan dalam usaha retail khususnya retail toko buku saat ini menyebabkan pemilik retail toko harus dapat menciptakan keunggulan-keunggulan bersaing dibandingkan retail toko buku lainnya. Salah satu keunggulan yang dapat meningkatkan minat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian adalah dengan menciptakan dan meningkatkan pelaksanaan store atmosphere.
Store Atmosphere adalah kegiatan perancangan karakteristik fisik dengan tujuan untuk menciptakan kesan positif untuk menarik konsumen dan mempengaruhi emosi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian di tokonya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai pelaksanaan Store Atmosphere dan keputusan pembelian konsumen di Togamas Cabang Buahbatu Bandung. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian berupa studi deskriptif dan studi verifikatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probabilty sampling jenis convenience sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Kemudian, untuk analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Togamas Cabang Buahbatu, hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (14,881 > 3,019) dengan tingkat signifikasinya 0,000 < 0,005. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial didapat variabel general interior, store layout dan interior display berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Togamas Cabang Buahbatu. Berdasarkan koefisien determinasi didapat bahwa store atmosphere mampu menjelaskan keputusan pembelian sebesar 35,9% dan sisanya sebesar 64,1% diantaranya oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam peneliti ini seperti harga, kualitas dan promosi.
Kesimpulan penelitian ini, pelaksanaan store atmosphere di Togamas Cabang Buahbatu sudah masuk kedalam kategori baik, namun ada beberapa aspek yang akan lebih baik jika dilakukan perbaikan seperti, papan nama toko, fasilitas parkir, musik, suhu udara, pengaturan jarak dan strategi penciptaan display di hari-hari khusus.
Kata Kunci : Store Atmosphere, Keputusan Pembelian Konsumen