ABSTRAKSI
Analisis Iklan Tokobagus.com Versi “Barang Bayi Tak Terpakai”
(Studi Semiotika Roland Barthes)
(Oleh : Muhammad Bronto Latief, 2014, 111 halaman)
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis semiotika untuk menganalisis objek yang diteliti. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan teori semiotika yang di paparkan oleh Roland Barthes deskripsi mengenai iklan Tokobagus.com versi “Barang bayi tak terpakai” di analisis pada tataran sistem penandaan pertama yang memunculkan makna denotasi, tataran sistem kedua yang memunculkan makna konotasi serta tataran mitos dan idiologi yang terkandung dalam iklan Tokobagus.com.
Pada tataran denotasi, iklan Tokobagus.com versi “Barang bayi tak terpakai” menggambarkan sebuah aktifitas disebuah keluarga kecil yang mendapat masalah ketika seorang bapak memakaikan baju kekecilan kepada anaknya karena pakaian tersebuat merupakan pakaian bekas sewaktu anak masih bayi untuk kemudian Tokobagus.com muncul sebagai sarana yang tepat untuk menjual barang bekas. Sedangkan pada tataran konotasi, banyak makna-makna yang muncul yang bersumber dari mitos seperti seorang wanita atau ibu lebih tahu tentang cara merawat anaknya ketimbang sang ayah. Di samping hal tersebut didalam ini peneliti menemukan ada nya sebuah ideologi Kapitaslis yang di konstruksi pada iklan iklan Tokobagus.com versi “Barang bayi tak terpakai” di mana barang bekas dapat di jadikan sebagai modal atau barang yang dapat di jual, bahkan untuk pakaian bayi sekalipun dapat di jadikan uang
Kata Kunci : Iklan, Semiotika, Roland Barthes