ABSTRAK
Penelitian dengan judul “Strategi Media Relations dalam Meningkatkan Citra Positif (Studi Kasus pada Universitas Telkom)” ini dibuat oleh Renita Devi mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom. Alasan mengambil judul tersebut karena Universitas Telkom merupakan perguruan tinggi dari penggabungan empat fakultas dengan tujuan untuk mencapai World Class University sehingga dapat membentuk citra positif di masyarakat. Hal ini membuat Public Relations di Universitas Telkom harus menerapkan strategi komunikasi informasi yang tepat kepada publik. Public Relations sering dikaitkan perannya dalam hubungan dengan media. Media sering diartikan sebagai alat penyampai informasi yang dipergunakan Public Relations sehingga sangat penting untuk menjaga hubungan yang baik dengan media.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Media Relations dalam meningkatkan citra positif Universitas Telkom. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan teknik Purposive Sampling untuk menentukan informan yang berjumlah lima orang yang terdiri dari tiga informan utama dan dua informan kunci. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman serta teknik keabsahan data yang digunakan adalah dengan triangulasi sumber, metode dan waktu.
Dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Media Relations yang dilakukan ada dengan dua cara yaitu penggunaan media yang terdiri dari media cetak yaitu koran, media elektronik yaitu televisi dan radio serta internet yaitu website, facebook dan twitter. Serta bentuk hubungan dengan media yaitu press conferences, special event, media visit, undangan peliputan dan pers gathering.
Kata kunci: Strategi, Public Relations, Media Relations, Citra