PT. Pikiran Rakyat Bandung merupakan salah satu dari beberapa perusahaan yang bergerak di bidang media massa di Jawa Barat. Produk yang dihasilkan dari perusahaan yang telah eksis dari tahun 1966 ini berbagai macam, salah satunya adalah surat kabar Harian Umum Pikiran Rakyat..
Pikiran Rakyat adalah sebuah surat kabar harian terbesar di Jawa Barat. Surat kabar ini didirikan pada 24 Maret 1966. Sejak berdirinya, Pikiran Rakyat terus menunjukkan perkembangan yang mengagumkan baik di bidang finansial maupun material. Saat ini sejumlah penerbitan, percetakan, dan radio, yang dimiliki dan dikelolah PT. Pikiran Rakyat Grup. Seiring dengan terdapatnya sejumlah penerbitan itu, sebutan PT. Pikiran Rakyat pun berubah menjadi Grup Pikiran Rakyat.
Jenis penelitian ini adalah causal study. Populasi penelitian diambil dari jumlah pelanggan Harian Umum Pikiran Rakyat, dan sampel yang diambil sebanyak 96 responden dengan menggunakan teknik Non-probability sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan teknik analisis jalur (path analysis).
Hasil akhir dari penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel Integrated Marketing Communication memiliki pengaruh sebesar 74,44% terhadap keputusan pembelian, pengaruh yang dihasilkan oleh keputusan pembelian cukup besar, dan sebanyak 25,56% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata Kunci: Integrated Marketing Communication, Keputusan Pembelian, Pikiran Rakyat.