Pada tahun 2013 di Indonesia terdapat potensi yang besar pada media online dengan adopsi teknologi konsumen yang menonjol di antara negara-negara maju. Tren bisnis kuliner yang terus berkembang, tingkat pertumbuhan tempat pendidikan masak-memasak maupun kursus yang terus meningkat dengan persaingan yang ketat, serta bisnis kuliner online menjadi usaha yang menjanjikan.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan kausal dengan mengikutsertakan 360 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Variabel yang diteliti adalah elemen strategi viral marketing dan keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa elemen strategi viral marketing memiliki pengaruh terhadap keputusan responden untuk mengikuti kursus NCC sebesar 42,2%. Secara parsial, elemen strategi viral marketing yaitu gives away products or services dan scales easily from small to very large memberikan pengaruh yang negatif dan tidak signifikan. Terdapat hal yang perlu diperbaiki yaitu melakukan survei kepuasan peserta kursus untuk evaluasi kepuasan konsumen setelah mengikuti serta lebih memanfaatkan jaringan komunikasi online yang telah ada seperti menempatkan dan memperbarui jadwal kursus di Facebook Groups dan Twitter.
Kata kunci: Elemen Strategi Viral Marketing, Keputusan Pembelian