ABSTRAK
Commuterline merupakan transportasi kereta listrik yang beroperasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Kereta ini berbeda dengan kereta yang berada di wilayah lainnya tidak ada perbedaan kelas seperti ekonomi, eksekutif melainkan kereta ini berhenti disetiap stasiun di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Karena dilihat dari presentase tingkat pengguna Commuter line dari data Dari data PT. KAI Commuter Jabodetabek penumpang yang menumpangi angkutan ini dengan presentase pria 53,3% dan wanita 46,7% dengan profesi sebagai Pegawai Swasta sebanyak 58,4%, Pegawai Negeri Sipil 11,1%, pelajar 18,4%, pengusaha 3%, Ibu rumah tangga 3,6% dan lainnya 5,5% dapat dilihat bahwa pengguna kereta api di wilayah Jabodetabek merupakan angkutan yang digunakan sebagai transportasi untuk bekerja karena jumlah lain diluar itu lebih kecil hanya 3,6% dan 5,5%. Hal tersebut yang melatar belakangi perancangan promosi kereta wisata ke kota Bogor dengan Commuter Line agar jumlah penumpang meningkat. Pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi pustaka. Kereta wisata ini bertujuan untuk mengajak wisatawan kota Jakarta untuk berwisata menggunakan kereta wisata Commuter Line dan juga memberikan kemudahan dalam transportasi ini. Kereta wisata ke kota Bogor ini juga bertujuan untuk mengajak wisatawan kota Jakarta agar memakai transportasi umum ketika berwisata ke kota Bogor. media yang dipilih dalam promosi ini ialah dengan membuat aplikasi untuk kemudahan-kemudahan pengguna kereta wisata Commuter Line.
Kata kunci : Commuter Line, wisata, promosi, Kota Bogor.