ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2012. Faktor-faktor yang dianalisis dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris sebagai variabel independen dan pengungkapan tanggung jawab sosial sebagai variabel dependen.
Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitan deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan sebanyak 42 sampel perusahaan. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan data panel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) koefisien determinasi (R²) bernilai sebesar 95.10% sedangkan sisanya 4.90% dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian; (2) ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan ukuran dewan komisaris berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial; (3) secara parsial profitabilitas, leverage, dan ukuran dewan komisaris berpengaruh positif sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negative terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial.
Kata kunci : Ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris, pengungkapan tanggung jawab sosial.