Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu positioning berupa perceptual map aplikasi instant messenger di Kota Bandung. Objek penelitian ini adalah beberapa aplikasi instant messenger yang memiliki banyak pengguna di Indonesia yaitu Blackberry Messenger, Facebook Messenger, KakaoTalk, LINE, WeChat dan WhatsApp. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini adalah lingkungan sosial, rasa ingin tahu, memberi manfaat, hiburan, emoticon dan kemudahan penggunaan yang diberikan oleh masing – masing aplikasi instant messenger tersebut.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis multidimensional scaling. Analisis ini memberikan gambaran positioning dari aplikasi instant messenger yang ditentukan dimensinya sesuai atribut produk. Semakin dekat posisi titik aplikasi instant messenger terhadap posisi titik atribut pada perceptual map, maka semakin baik aplikasi instant messenger tersebut berdasarkan atribut. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 400 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling.
Berdasarkan preferensi konsumen aplikasi instant messenger terhadap atribut secara keseluruhan aplikasi LINE dipersepsi menempati posisi ideal diantara aplikasi instant messenger lainnya. Diposisi kedua terdapat aplikasi Blackberry Messenger. Aplikasi Facebook Messenger dan WhatsApp menempati posisi yang sama yaitu ke-3,5. Aplikasi KakaoTalk menempati posisi keempat dan aplikasi WeChat menempati posisi terakhir sebagai aplikasi instant messenger yang di anggap baik oleh penggunanya dalam berkomunikasi.
Kata kunci: aplikasi instant messenger, Bandung, positioning dan multidimensional scaling