Pengaruh Rebranding Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Fourspeed Nomad Di Kota Bandung 2014)

ANSORY WIRANATA

Informasi Dasar

134 kali
14.04.745
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persaingan dalam dunia usaha kini semakin ketat. Setiap perusahaan harus memiliki kemampuan untuk terus bertahan dan bersaing dengan para pesaing. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan adalah mempertahankan konsumen yang telah loyal dan terus menarik konsumen-konsumen potensial baru. Rebranding merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap perusahaan. Strategi rebranding yang baik akan dapat mempertahankan konsumen yang loyal, sebaliknya strategi rebranding yang buruk akan mengakibatkan perusahaan kehilangan pelanggan yang telah loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana rebranding yang dilakukan Fourspeed Nomad memberikan pengaruh terhadap loyalitas konsumen dari Fourspeed Nomad Bandung tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kausal. Jumlah sampel yang diambil adalah 400 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis koefisien regresi berganda. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa responden memberikan respon yang baik terhadap rebranding Fourspeed Nomad. Dari hasil pengujian hipotesis, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh rebranding terhadap loyalitas konsumen dari Fourspeed Nomad. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa variabel rebranding (X) yang memiliki empat sub variabel yaitu Repositioning (X1), Renaming (X2), Redesign (X3), dan Relaunch (Recommunicating) (X4) memiliki pengaruh terhadap variabel Loyalitas Konsumen (Y) sebesar 29.2%, sedangkan sisanya yaitu 70.8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti seperti kepuasan konsumen dan faktor-faktor lainnya. Saran untuk Fourspeed Nomad adalah berikan fokus lebih ke sub variabel renaming (X2) karena berdasarkan koefisien regresi berganda, koefisien regresi untuk sub variabel renaming memiliki pengaruh paling besar dibandingkan sub variabel lainnya dengan melakukan repetisi pada saat promosi menggunakan media sosial ataupun pada saat berinteraksi dengan konsumen secara langsung atau menggunakan perantara tambahan seperti stiker Fourspeed Nomad. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah gunakan variabel lain yang mempengaruhi loyalitas konsumen seperti kepuasan konsumen dan faktor-faktor lainnya.

Kata kunci : rebranding, loyalitas konsumen, merek, konsumen.

Subjek

CONSUMER LOYALTY
BRAND, MARKET MANAGEMENT

Katalog

Pengaruh Rebranding Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Fourspeed Nomad Di Kota Bandung 2014)
 
66p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANSORY WIRANATA
Perorangan
Lia Yuldinawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini