Persaingan dalam dunia usaha kini semakin ketat. Setiap perusahaan harus memiliki kemampuan untuk terus bertahan dan bersaing dengan para pesaing. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan adalah mempertahankan konsumen yang telah loyal dan terus menarik konsumen-konsumen potensial baru. Rebranding merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap perusahaan. Strategi rebranding yang baik akan dapat mempertahankan konsumen yang loyal, sebaliknya strategi rebranding yang buruk akan mengakibatkan perusahaan kehilangan pelanggan yang telah loyal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana rebranding yang dilakukan Fourspeed Nomad memberikan pengaruh terhadap loyalitas konsumen dari Fourspeed Nomad Bandung tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kausal. Jumlah sampel yang diambil adalah 400 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis koefisien regresi berganda.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa responden memberikan respon yang baik terhadap rebranding Fourspeed Nomad. Dari hasil pengujian hipotesis, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh rebranding terhadap loyalitas konsumen dari Fourspeed Nomad. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa variabel rebranding (X) yang memiliki empat sub variabel yaitu Repositioning (X1), Renaming (X2), Redesign (X3), dan Relaunch (Recommunicating) (X4) memiliki pengaruh terhadap variabel Loyalitas Konsumen (Y) sebesar 29.2%, sedangkan sisanya yaitu 70.8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti seperti kepuasan konsumen dan faktor-faktor lainnya.
Saran untuk Fourspeed Nomad adalah berikan fokus lebih ke sub variabel renaming (X2) karena berdasarkan koefisien regresi berganda, koefisien regresi untuk sub variabel renaming memiliki pengaruh paling besar dibandingkan sub variabel lainnya dengan melakukan repetisi pada saat promosi menggunakan media sosial ataupun pada saat berinteraksi dengan konsumen secara langsung atau menggunakan perantara tambahan seperti stiker Fourspeed Nomad. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah gunakan variabel lain yang mempengaruhi loyalitas konsumen seperti kepuasan konsumen dan faktor-faktor lainnya.
Kata kunci : rebranding, loyalitas konsumen, merek, konsumen.