Ketatnyapersaingandalamindustrijasakhususnyajasasewalapangan futsal
saatinimengalamiperkembangan yang
cukuppesat.Untukitupemilikperusahaanharusdapatmenciptakankualitas yang
dapatmeningkatkankepuasanpelangganterhadapprodukjasasepertidenganmencipt
akandanmeningkatkankualitaspelayanan.
Kualitaspelayananadalahtotalitasfiturdankarakteristikprodukataujasa
yang bergantungpadakemampuannyauntukmemuaskankebutuhan yang
dinyatakanatautersirat.Pengertianlainmenyatakanbahwakualitaspelayananadalah
sebagaitingkatkeunggulan yang
diharapkandanpengendalianatastingkatkeunggulantersebutuntukmemenuhikeingi
nanpelanggan.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuitanggapankonsumenmengenaikua
litaspelayanan, dankepuasanpelanggan di IFI Futsal Bandung.Metode yang
digunakanadalahmetodekuantitatifdenganjenispenelitianberupastudikausal.Peng
ambilansampeldilakukandenganmetodenon-probability sampling
jenisconvenience sampling, denganjumlahrespondensebanyak 100
responden.Kemudian, untukanalisis data
digunakananalisisdeskriptifdananalisisregresi linier sederhana.
Berdasarkanhasilujihipotesissecaraparsialkualitaspelayanan IFI Futsal
berpengaruhsignifikanterhadapkepuasanpelanggan. Hal
inidibuktikandengannilaithitung (2.468) >ttabel(1.984). Berdasarkananalisisregresi
linier sederhanadiperolehhasil Y = 2.225 + 0,305X.
Berdasarkanujikoefisiendeterminasi,
makadapatdiambilkesimpulanbahwakualitaspelayananmemberikanpengaruh
yang signifikanterhadapkepuasanpelanggan, denganpersentasepengaruhnya
5,9%, sedangkansisanyasebesar 94,1% dipengaruhiolehfaktor lain
diluarkualitaspelayanan yang tidakdiletilidalampenelitianinisepertibrand image,
harga, lokasidanfaktorlainnya.
Kesimpulanpenelitianinikualitaspelayanan di IFI Futsal Bandung
masukkedalamkategoricukupbaik ,namunadabeberapaaspek yang akanlebihbaik.
Jikadilakukanperbaikansepertipelayanan yang diberikan,
kelengkapanfasilitasdanlain – lain.
Kata Kunci :KualitasPelayanan, KepuasanPelanggan