ABSTRAK
Penelitian ini membahas Program Corporate Social Responsibility PT Telkomsel, yaitu Program Bandung Tour On Bus (BANDROS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) menganalisis program CSR Bandung Tour On Bus dalam membangun Good Corporate Governance; 2) mengetahui tujuan dibalik pelaksanaan program CSR; 3) serta strategi komunikasi CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Praktik Corporate Social Reponsibility (CSR) merupakan implementasi dari prinsip tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dimana didalamnya terdapat prinsip responsibilitas, transparansi, dan akuntabilitas. Untuk menerapkan prinsip tersebut maka Telkomsel melakukan praktik CSR serta melakukan komunikasi CSR sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas publik.
Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan analisis dokumen-dokumen Telkomsel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa GCG memiliki peranan penting dalam program CSR menjadi lebih terstruktur, profesional, dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Tujuan dalam melakukan praktik CSR yaitu menjaga dan membangun reputasi perusahaan, membangun good corporate governance, serta menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah melalui program kemitraan Telkomsel.
Kata Kunci: Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR), Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (GCG), Komunikasi CSR, Motif CSR