Seiring bertambahnya populasi penduduk dan berkembangnya pengaruh kebiasaan hidup masyarakat Indonesia dari berbagai macam faktor yang ada, membuat masyarakat Indonesia kurang memiliki perilaku peduli lingkungan hidup. Lingkungan di sekitar masyarakat terkesan kotor dan tidak terawat. Pendidikan lingkungan hidup perlu diadakan lebih intensif di usia muda, salah satunya yaitu melalui SMP Negeri 3 Bogor sebagai Sekolah Adwiyata Nasional agar tercipta generasi yang berperilaku peduli lingkungan hidup di masa mendatang.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data Tugas Akhir ini adalah observasi, wawancara terperinci, wawancara terstruktur, dan studi pustaka. Data yang didapatkan menyebutkan bahwa diperlukan pembentukan identitas Sekolah Adiwiyata Nasional pada SMP Negeri 3 Bogor melalui media promosi agar masyarakat mengetahui pentingnya Sekolah Adwiyata Nasional melalui SMP Negeri 3 Bogor.
Konsep perancangan pada Tugas Akhir ini adalah menanamkan identitas Sekolah Adiwiyata Nasional kepada media promosi SMP Negeri 3 Bogor. Diharapkan dari perancangan ini dapat menanamkan pola pikir masyarakat kepada SMP Negeri 3 Bogor ketika berinteraksi dengan Sekolah Adiwiyata Nasional sehingga tujuan dari Sekolah Adiwiyata Nasional dapat terwujudkan.