Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan pada penurunan dan peningkatan jumlah pengunjung pada Mal Bali Galeria setiap bulan Desember tahun 2009-2013 dikaitkan dengan event yang ada. Event Kpop Christmas Festival merupakan event yang diadakan oleh Mal Bali Galeria dalam menyambut Natal pada bulan Desember 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh event Kpop Christmas Festival terhadap minat berkunjung pada Mal Bali Galeria, baik secara simultan maupun parsial.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kausalitas. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 348 orang menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode purposive sampling. Data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan software SPSS 20.
Event adalah suatu kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati hal-hal penting sepanjang hidup manusia baik secara individu atau kelompok yang terikat secara budaya, adat, tradisi, dan agama yang diselenggarakan untuk tujuan tertentu serta melibatkan lingkungan masyarakat yang diselenggarakan pada waktu tertentu (Noor, 2009:7). Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan (Slameto, 2010: 57).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji koefisien determinasi menunjukkan R square sebesar 0,779 artinya event Kpop Chirstmas Festival mempengaruhi minat berkunjung sebesar 77,9% dan sisanya sebanyak 22,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam uji F diketahui event Kpop Christmas Festival secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung. Dalam uji T diketahui bahwa subvariabel where dan how tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung pada Mal Bali Galeria.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan tanggapan responden mengenai event Kpop Christmas Festival adalah baik terbukti dari event berada pada garis kontinum 80,2%. Tanggapan responden untuk variabel minat berkunjung adalah baik dengan posisi garis kontinum sebesar 81,2%. Event secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung pada Mal Bali Galeria. Secara parsial faktor yang paling berpengaruh terhadap minat berkunjung dilihat dari sisi event adalah subvariabel who. Pihak Manajemen Mal Bali Galeria sebaiknya memperhatikan faktor yang paling mempengaruhi event yang terdiri dari pengisi acara, guest star, media partner, dan khalayak sasaran.
Kata Kunci: Event, Minat Berkunjung