Museum Geologi Bandung merupakan museum yang di dalamnya terdapat berbagai koleksi geologi dan pertambangan, mulai dari ragam batuan, mineral, meteorit, fosil dan artefak yang telah dikumpulkan sejak tahun 1850-an. Museum Geologi memiliki program sosialisasi kepada beberapa sekolah yang ada di Indonesia, Tujuan sosialisasi Museum Geologi yang selanjutnya adalah Kabupaten Ngada. Sosialisasi ini bertujuan untuk menyebarluaskan edukasi kegeologian dan informasi mengenai koleksi Museum Geologi.
Dalam menyampaikan informasi mengenai koleksi museum, Museum Geologi masih belum menggunakan media visual dengan efektif. Salah satu contohnya adalah dalam menyampaikan informasi dalam jumlah besar dan mendetail, Museum Geologi menggunakan media x-banner.
Guna menjawab permasalahan diatas, Penulis mengumpulkan data yang dibutuhkan dengan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Setelah data diperoleh, Penulis melakukan perancangan media visual yang sesuai. Media utama yang sesuai adalah buku panduan. Penulis juga merancang media visual pelengkap guna mengoptimalkan program sosialisasi, media pelengkapnya adalah notepad, kaos, topi, totebag, ballpoint, twitter, facebook, website, banner, x-banner, sign system dan backdrop. Diharapkan dengan dibuatnya media visual yang efektif, informasi yang disampaikan pada saat sosialisasi dapat tersampaikan dengan efektif. Sehingga para peserta sosialisasi mendapatkan manfaat dari program sosialisasi. Selain itu, perancangan media visual ini juga diharapkan dapat membantu pihak-pihak yang membutuhkannya.
Kata Kunci : Media Visual, Sosialisasi, Museum Geologi, Informasi