PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE PADA PROSES PELILINAN BATIK CAP DAN BATIK TULIS DI PERUSAHAAN BATIK KOMAR UNTUK MEMENUHI REQUIREMENT KLAUSUL 7.1, 7.5, 7.6 ISO 9001:2008 MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT

VINA SHEREN NATASHA

Informasi Dasar

91 kali
112100078
658.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Batik Komar merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak dalam bidang industri batik. Batik Komar memproduksi dua jenis batik yang berbeda yaitu batik cap dan batik tulis. Kesalahan-kesalahan sering terjadi pada proses produksi terutama pada proses pelilinan batik cap dan batik tulis.Kesalahan-kesalahan ini berdampak pada waktu siklus yang panjang dan kualitas produk yang dihasilkan. Permasalahan ini menyebabkan diperlukannya perbaikan pada proses pelilinan batik cap dan batik tulis.
Tahap perbaikan (improvement) yang dilakukan pada proses pelilinan batik cap dan batik tulis dimulai dengan pemetaan proses pelilinan existing, selanjutnya diperlukan identifikasi Critical to Quality (CTQ) pada proses pelilinan. CTQ akan menjadi target dalam melakukan perbaikan menggunakan metode Business Process Improvement (BPI). Perbaikan yang dilakukan pada proses pelilinan batik cap dan batik tulis merujuk pada klausul 7.1, 7.5, 7.6 ISO 9001:2008 yang menjadi pedoman dalam menstrandarkan proses realisasi produk.
Proses pelilinan batik cap dan batik tulis usulan akan menjadi pedoman dalam merancangStandard Operating Procedure (SOP) pada proses pelilinan batik cap dan batik tulis. Rancangan SOP diharapkan dapat mengurangi waktu siklus dan kesalahan-kesalahan yang terjadi pada proses pelilinan batik cap dan batik tulis di perusahaan Batik Komar.KATA KUNCI: ISO 9001:2008, Business Process Improvement (BPI), Critical to Quality (CTQ), Standard Operating Procedure (SOP)ABSTRACT: BatikKomaris one of companiesinIndonesiathat engaged in batikindustry. BatikKomarproducestwotypes ofbatik, stamp batik and hand-drawn batik. There are errors that occurinbatik’s productionprocessespecially fromwaxing processofstamp batik and hand-drawn batik. These errorsaffect tolongcycle timeandproduct quality. This leads tothe need forimprovements of waxing process ofwaxing ofstampbatik and hand-drawn batik.
Improvementsof waxingprocessof stamp batik and hand-drawn batikare strartedbymapping theexistingprocess, then identifiyingCritical to Quality(CTQ) in thewaxingprocess. CTQwillbe targetedin performing improvementusingBusiness ProcessImprovement(BPI). These improvementsrefer toclauses7.1, 7.5, 7.6 ofISO9001:2008, guideline in standardizing theproduct realization process.
The improvement process wouldbe aguideline in creating ofthe StandardOperating Procedure(SOP) onthe waxing process of stamp batik and hand-drawn batik.SOPare expectedreducecycle time and errorsthat occur inwaxing process of stamp batik and hand-drawn batikatBatikKomar.KEYWORD: ISO 9001:2008, Business Process Improvement, Critical to Quality, Standard Operating Procedure.

Subjek

PLANT MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE PADA PROSES PELILINAN BATIK CAP DAN BATIK TULIS DI PERUSAHAAN BATIK KOMAR UNTUK MEMENUHI REQUIREMENT KLAUSUL 7.1, 7.5, 7.6 ISO 9001:2008 MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VINA SHEREN NATASHA
Perorangan
Sri Widaningrum , Yusuf Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini