ABSTRAKSI: Pada suatu perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran produk, sangat dibutuhkan adanya suatu strategi pemasaran untuk meningkatkan profit perusahaan. Untuk meningkatkan profit perusahaan, maka dibuat sebuah site epinion yang mengimplementasikan model pemasaran “Marketing in Venus” .
Dalam Tugas Akhir ini akan dibangun, diimplementasikan dan dianalisa mengenai efektivitas dari site epinion yang mengimplementasikan model pemasaran “ marketing in Venus ”. Site epinion yang dibangun merupakan site yang independent dan mempunyai sistem sendiri, namun ia akan dihubungkan dengan toko – toko online melalui link – link yang dibuat. Analisanya dikaji dari segi trafik pengaksesannya, pendapat pelanggan dan kelakuan pelanggan, sesuai dengan parameter – parameter yang telah ditentukan, sehingga dapat memberikan rekomendasi bagi perusahaan untuk pengembangan strategi pemasaran online selanjutnya.Kata Kunci : Trafik pengaksesan, e-commerce, epinion, model pemasaran “ Marketing in VenusABSTRACT: An enterprise that moves in product marketing, determining strategy for increasing profit is very necessity. An epinion site that implement “Marketing in Venus” model will be build to fulfill this purpose.
In this final project will build, implement, analyze the effectiveness of epinion site that implement “Marketing in Venus” model. Epinion site is an independent site and has its own system, connecting with e-shops by links. The analysis will be examined from accession traffic, customer opinion and behavior which appropriate with fixed parameter, so it can give recommendation for enterprises for the next development.Keyword: accession traffic, e-commerce, epinion, “Marketing in Venus” model.