ABSTRAKSI: Nilai pelanggan dan keuntungan dapat diprediksi dari rule asosiasi penjualan yang ada berdasarkan prinsip direct marketing. Dari transaksi penjualan, barang-barang yang dibeli oleh seorang pelanggan dikelompokkan dalam satu bulan yang sama. Setelah itu, berdasarkan prinsip direct marketing kita dapat mengetahui pelanggan yang potensial dari barang-barang yang dibeli dalam satu bulan. Apabila pelanggan tersebut membeli barang baru di bulan berikutnya ada ada pelanggan baru yang melakukan pembelian maka pelanggan tersebut dikatakan potensial. Barang-barang baru dan barang yang dibeli pelanggan baru inilah yang akan dibangkitkan menjadi frequent itemsets dan rule. Tiap rule memiliki keuntungan dari keuntungan satuan tiap barang. Prediksi Keuntungan dapat diperoleh dari keuntungan tiap rule setelah dikurangi biaya yang diperlukan untuk melaksanakan program direct marketing.Kata Kunci : direct marketing, frequent itemsets, rule.ABSTRACT: marketing principle. From sale transaction, items that were brought by one customer are divided into the same month. After that, base on direct marketing principle, we can know which customers are potential from items that were bought in one month. If customers buy new items in the next month and there is new customer that bought new items, that customers can be called potential. New items and items that were bought by new customers will be generated into frequent itemsets and rules. Each rules have profit from each item’s profit. Profit prediction can be gotten from profits of each rules minus some cost that we need to do this direct marketing programs.Keyword: direct marketing, frequent itemsets, rules.