Analisis dan Implementasi Independent Data Mart Pada Customer Care Telkom Flexy Kandatel Bandung

Shinta Nureka Eva Miranda L.Gaol

Informasi Dasar

215 kali
113040327
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Manajemen data yang baik sangat diperlukan dalam mendukung proses pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. Hal ini juga yang diperlukan oleh divisi customer care Telkom Flexy dalam menganalisis data yang tersedia untuk dapat mengambil keputusan-keputusan yang tepat bagi perkembangan penjualan maupun pelayanan yang diberikan oleh Telkom Flexy.
Tugas Akhir ini menganalisis data yang terdapat pada customer care Telkom Flexy dengan melakukan perancangan data mart pada divisi customer care sebagai alat bantu analisis data oleh manajer customer care Telkom Flexy. Data mart yang akan dibangun bersifat independent karena belum adanya suatu data warehouse dalam Telkom Flexy secara utuh, sehingga disebut dengan Independent Data Mart (IDM). Metodologi pembangunan IDM ini menggunakan metodologi pembangunan IDM yang telah ada. Metodologi ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap analisis kebutuhan IDM, tahap pembangunan IDM, tahap implementasi IDM dan juga tahap pengujian IDM.
Hasil dari pengujian IDM ini menunjukkan bahwa data yang terdapat dalam data mart lebih bersifat informatif dalam memenuhi kebutuhan informasi yang diperlukan dari data yang tersedia. Selain itu, penggunaan IDM juga meningkatkan efisiensi waktu dalam menganalisis data yang tersedia.Kata Kunci : Independent Data Mart (IDM), data ,customer care, dan metodologi.ABSTRACT: A good data management is needed to support a process of decision-making in an organization. This point is also needed in analysing data to take the right decisions for the growth of sales and services that given by Telkom Flexy��s customer care.
The aim of this final project is to analyze data in Telkom Flexy��s customer care by making a scheme of data mart at customer care division those can help the manager of Telkom Flexy��s customer care to analyze the data. The character of builded Data Mart is independent because there is no completely data warehouse in Telkom Flexy, so that it is called as Independent Data Mart (IDM). The methodologies of this IDM use the methodologies of IDM which has been available before. This methodologies consist of many phases such as, phase of analyzing IDM��s requirements, phase of IDM scheme, phase of IDM implementation and phase of IDM examination.
The analyze results show the data in data mart are more informative in completing the information requirements that has been needed from the existing data. Besides that, by using IDM it can increase the efficiency of time in analyzing dataKeyword: Independent of Data Mart (IDM), data , customer care, and

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Independent Data Mart Pada Customer Care Telkom Flexy Kandatel Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Shinta Nureka Eva Miranda L.Gaol
Perorangan
Toto Suharto, Angelina Prima Kurniati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini