ABSTRAKSI: Proses pelaporan lokasi bencana merupakan hal yang penting dalam penanganan bencana (disaster). Dalam penanganan ini terdapat tahapan berupa respon terhadap insiden. Respon ini memerlukan masukan yang diperlukan seperti menggunakan jaringan telepon sebagai media pelaporannya. Banyak hal-hal yang kurang dari cara seperti ini, diantaranya seperti banyaknya laporan palsu, laporan yang kurang jelas, ataupun waktu yang dibutuhkan seseorang untuk melapor yang cenderung memakan waktu yang lama. Waktu pelaporan yang lebih cepat akan membuat proses incidentresponseyang berjalan lebih optimal. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk mengambil masukan alternatif sebagai pembanding dengan masukan melalui jaringan telepon, dengan memanfaatkan komunitas, sebagai masukan pelaporan lokasi bencana. Penulis mengimplementasikan ide ini ke dalam sebuah Aplikasi Portal Bencana. Aplikasi portal bencana ini akan melakukan validasi informasi, proses data, dan memberikan decision support untuk pihak Diskar. Terakhir, melalui proses pengujian untuk melakukan tes waktu pelaporan dengan aplikasi ini, didapatkan bahwa rata-rata waktu yang dibutuhkan seseorang melaporkan lokasi bencana dengan aplikasi ini lebih cepat dibanding pelaporan yang menggunakan jaringan telepon.
KATA KUNCI: Aplikasi Portal Bencana, waktu pelaporan, incident responseABSTRACT: The process of reporting the location of the disaster is important thing in the disaster handling. When handle disaster, there is a step that requires response for incident. This response need input that needed such as using the phone as a network media reporting. Many of the things that are less than this way, such as the number of false reports, less obvious reports, or the time it takes for someone to report that tends to take a long time. Faster reporting time will make the process of IncidentResponse which run more optimally. Therefore, the author tries to take an alternative input for comparison with the input through the telephone network, using the community, as input reporting the disaster site. Author implement this idea into a disaster portal application. This application will do the information validating, data processing, and give decision support for Diskar. In the end, through a testing process to test the reporting time with this application, it was found that the average time it takes someone to report the location of the disaster with these applications faster than reporting that using the telephone network.
KEYWORD: disaster portal application, reporting time, incident response.