Penyeleksian Pegawai Baru pada PT RASAPALA dengan Menggunakan Metode Entropy dan Metode PROMETHEE (Preference Ranking Organiztation Method of Enrichment Evaluation)

Anggi Syahadat Harahap

Informasi Dasar

113071059
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pegawai merupakan sumber daya manusia yang sangat penting bagi PT. RASAPALA dalam menjalankan bisnisnya dalam bidang pelayanan manfaat kesehatan dan managed care. Pegawai yang berkualitas dapat menghasilkan kinerja yang baik pada perusahaan serta mendukung dan merupakan suatu penentu tercapainya visi dan misi perusahaan. Pilihan yang dibuat oleh sebuah perusahaan dalam penerimaan tenaga kerja sangatlah berpengaruh pada performa dan kemajuan perusahaan. Oleh karena itu, PT. RASAPALA sangat berhati-hati dalam penyeleksian pegawai untuk ditempatkan di setiap masing-masing cabang kota.
PT RASAPALA membutuhkan suatu sistem yang dapat mendukung pengambilan keputusan untuk penyeleksian calon pegawainya, salah satunya dalam pemilihan pegawai baru untuk setiap apoteker. Decision Support System (DSS)[3] merupakan alat bantu penyajian saran atau anjuran yang sangat handal dalam pengambilan keputusan. Metode Entropy[2] dan metode PROMETHEE (Preference Ramking Organization Method for Enrichment Evaluation)[1] merupakan beberapa dari metode-metode pengambilan keputusan yang berkembang saat ini. Metode Entropy digunakan untuk menghitung bobot setiap kriteria. Metode PROMETHEE kemudian digunakan untuk menentukan ranking dari calon pegawai. Hasilnya adalah saran alternatif calon pegawai terbaik bagi perusahaan.
Dalam 5 kali pengujian pada data dari 5 periode penerimaan pegawai baru diperoleh tingkat akurasi sebesar 74%, namun memiliki hasil urutan atau perangkingan yang berbeda jauh antara perhitungan program dan user. Akan tetapi hasil dari perhitungan program dan user memiliki 3 keluaran yang menghasilkan calon pegawai yang sama-sama menempati urutan pertama dari 5 pengujian.
Kata Kunci : Seleksi Pegawai Baru, Entropy, PROMETHEEABSTRACT: Employe is a human resource, that is most important for PT RASAPALA in doing their business of health care and managed care. Qualified employee can produce a good performance and support the vision and mission of the company. Alternative made by the company is very influential on the performance and progress of them. Therefore, PT RASAPALA is very careful in selecting employees who will be placed on each branch of city.
PT RASAPALA need a system, that can support decision making for the selection of prospective empolyees, one of them is a pharmacist. Decision Support System (DSS)[3] is a presentation tool advice or recommendation which is very powerful in decision-making. Entropy methode[2] and PROMETHEE (Preference Ramking Organization Method for Enrichment Evaluation)[1] are some of the methods of decision-making which is popular at this time. Entropy method used to calculate weight of criteria. And then PROMETHEE method is used to determine the ranking of candidates. The result is a potential alternatif/employee for the company.
In 5 trials on data from 5 recruitment period obtained accuray rate of 74%, but has different position in the ranking between the application and the user. However, calculate of the application and the user has 3 outputs that is produce the same first order of five tirals.
Keyword: Selecting New Employees, Entropy, PROMETHEE

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Penyeleksian Pegawai Baru pada PT RASAPALA dengan Menggunakan Metode Entropy dan Metode PROMETHEE (Preference Ranking Organiztation Method of Enrichment Evaluation)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anggi Syahadat Harahap
Perorangan
Mahmud Imrona, Hetti Hidayati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini