Si Kebud (Ensiklopedia Kebudayaan Indonesia) Berbasis Android

Agus Prastiyono Nugroho

Informasi Dasar

613100031
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Dewasa ini, perkembangan teknologi di Indonesia semakin pesat. Bahkan, pengguna gadget di Indonesia tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun sudah sangat akrab dengan gadget dan telah mahir dalam mengoperasikannya. Dengan adanya berbagai aplikasi yang lebih interaktif dalam gadget anak-anak, menjadikan permainan-permainan tradisional tidak lagi menarik bagi anak-anak, sejarah dan kebudayaan Indonesia semakin hari semakin terlupakan oleh mereka yang telah akrab dengan gadget yang mereka miliki. Hal ini tentunya bisa membuat eksistensi suatu kebudayaan, tarian, alat musik, pakaian, rumah adat menjadi semakin tenggelam apabila banyak anak-anak yang tidak dikenalkan dengan kebudayaan yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, kami membuat aplikasi yang dapat menjadi sebuah alternatif bagi anak untuk belajar sambil bermain.

Aplikasi “Si Kebud (Ensiklopedia Kebudayaan Indonesia)” adalah sebuah aplikasi yang dibangun dengan beberapa fungsionalitas, diantaranya menampilkan menu pakaian adat, tari daerah, alat musik tradisional dan rumah adat serta kuis kebudayaan yang dapat digunakan untuk mengasah daya ingat anak dalam menebak asal kebudayaan dari gambar yang ditampilkan.

Aplikasi “Si Kebud (Ensiklopedia Kebudayaan Indonesia)” dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java pada platform Android.Kata Kunci : Gadget, android, javaABSTRACT: Nowadays, technology in Indonesia grew rapidly. In fact, people who use gadget in Indonesia are not only the adults, but the children were already familiar with it and has been proficient for operating it. With the variety of application that are more interactive in children's gadget, makes the traditional games are no longer attractive to the children, and makes the history and also the cultures of Indonesia increasingly forgotten to those who have been familiar with the gadget. This, of course can make the existence of a cultures, traditional dances, musical instruments, clothes, and traditional house become increasingly forgotten, when a lot of kids aren't introduced to the cultures in Indonesia. Therefore, we create an application that can be an alternative for children to learn and understand the cultures of Indonesia.

Si Kebud (Indonesian Cultures Encyclopedia) is an application built with some functionalities, such as displaying the traditional clothes menu, traditional dances, traditional musical instruments, and also traditional house, and Si Kebud has a quiz related to the cultures that can be used to sharpen children's memory by guessing the displayed images.

Si Kebud (Indonesian Cultures Encyclopedia) built by using the Java programming language and based on Android platform.Keyword: Gadget, Android, Java

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Si Kebud (Ensiklopedia Kebudayaan Indonesia) Berbasis Android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Agus Prastiyono Nugroho
Perorangan
Erda Guslinar Perdana, Alfian Akbar Gozali
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini