ABSTRAKSI: Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan merupakan suatu proses dalam sistem untuk mengubah suatu data menjadi suatu Informasi untuk proses pengambilan keputusan. Dalam ilmu SPPK terdapat subsstem utama untuk menentukan sistem tersebut sesui dengan kapabilitas ilmu SPPK yaitu terdiri dari [1]: 1. Subsistem Manajemen Database (Database Management Subsystem) 2. Subsistem Manajemen Basis Model (Model Base Management Subsystem) 3. Subsistem Perangkat Lunak Penyelenggara Dialog (Dialog Generation and Management Software) Masalah yang dihadapi Telkom Flexi adalah bagaimana cara mempertahankan pelanggan agar pelanggan tidak pergi meninggal telepon berbasis cdma ini. Maka dilakukan usaha untuk meretensinya dengan cara melihat data pelangan yang ada kemudian penilaian dari segala aspek yang telah ditentukan perusahaan. Dalam tugas akhir ini akan dikembangkan sistem untuk meranking data pelanggan pengguna Flexi yang akan di retensi dengan mengimplemenasikan metode Fuzzy Analytical Network Process (F-ANP) dan Technique for Order Preference by Similiar to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil dari sistem ini adalah mengetahui mana pelanggan yang loyal dan kurang loyal terhadap perusahaan, dengan begitu perusahaan dapat menindak lanjuti apa yang akan dilakukan terhadap pelanggan yang loyal dan kurang loyal.
KATA KUNCI: F-ANP,TOPSIS,SPPK, retensi,rankingABSTRACT: Decision Support System is a process in the system to convert the data into an information for the decision-making process. In science there fies the main subsstem to determine the system within their capabilities fies science which consists of [1]: 1. Subsystem Management Database (Database Management Subsystem) 2. Subsystem Base Management Model (Model Base Management Subsystem) 3. Subsystem Software Organizer Dialog (Dialog Generation and Management Software) Problems faced by Telkom Flexi is how to retain the customer so that the customer does not go dead this CDMA-based phones. Then an attempt is made to meretensinya subscriber by looking at the data that is later assessment of all aspects of the specified company. In this final project will develop a system to rank users Flexi customer data that will be in retention with mengimplemenasikan Fuzzy Analytical Network Process (F-ANP), and Technique for Order Preference by similiar to Ideal Solution (TOPSIS). Results of this system is knowing which customers are loyal and less loyal to the company, so the company can follow up on what will be done to the loyal customers and less loyal.
KEYWORD: F-ANP, TOPSIS, FIES, retention, ranking