Pertumbuhan e-commerce di Indonesia berkembang pesat, terbukti dengan semakin banyaknya pengguna internet. Bukalapak merupakan salah satu bisnis e-commerce yang berbasis marketplace yang terbaik di Indonesia. Task Technology Fit (TTF) merupakan salah satu model yang digunakan untuk mengukur performance pada sistem informasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan tujuan dari penelitian ini adalah bersifat pengetesan hipotesis (conclusive). Populasi dari penelitian ini ialah seller atau pelapak yang pernah melakukan transaksi di Bukalapak dengan sampel sebanyak 100 orang. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner melalui online dengan social media.
Teknik analisis data menggunakan SEM-PLS (partial least square) yang diolah menggunakan software smart PLS 3. Hasil penelitian menunjukan task technology fit (TTF) dipengaruhi oleh karakteristik tugas (task characteristic), karakteristik karakteristik teknologi (technology characteristic) dan karakteristik individual (individual characteristic) yang memiliki pengaruh signifikan. Task technology fit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pelapak atau pengguna (usage) dan kinerja e-commerce (performance e-commerce). Pelapak atau pengguna (usage) juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja e-commerce (performance e-commerce). Pada penelitian ini nilai pengaruh yang sangat signifikan paling tinggi adalah task technology fit (TTF) terhadap pengguna (usage).
Kata Kunci: Task Technology Fit, e-Commerce, Bukalapak, Performance, PLS (partial least square)