Setiap pimpinan perusahaan berupaya menampilkan berbagai keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaannya baik keunggulan finansial, keunggulan pemasaran, keunggulan produksi, keunggulan teknologi dan informasi, maupun keunggulan sumber daya manusia menuju organisasi yang dimiliki kinerja terbaik. Pimpinan perusahaan melakukan transformasi bisnis sampai ke akar permasalahan yaitu sumber daya manusia agar memiliki kompetensi dan talenta yang dapat diandalkan sesuai standar kebutuhan organisasi. Selain kompetensi, motivasi juga sebaiknya dimiliki oleh karyawan karena suatu perusahaan akan lebih efektif apabila setiap karyawan memiliki keinginan untuk melakukan suatu pekerjaan yang timbul dari dalam individu masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan yang dimoderasi oleh motivasi pada karyawan PT.Telekomunikasi Indonesia Regional III area witel Bandung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriftif – kausal. Berdasarkan kuesioner dari 100 responden yang merupakan karyawan PT.Telekomunikasi Indonesia Regional III area witel Bandung, diperoleh dua hasil uji dengan menggunakan uji regresi moderasi pada model 1 kompetensi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil uji regresi pada model 2 motivasi memoderasi hubungan antara kompetensi dengan kinerja karyawan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi mempunyai pengaruh terhadap kinerja. Serta motivasi memoderasi hubungan antara kompetensi dengan kinerja pada karyawan PT.Telekomunikasi Indonesia Regional III area witel Bandung.