Klinik fisioterapi Sei Belutu Medan merupakan klinik yang menangani perawatan
pasien yang berkenaan dengan pengembalian fungsional tubuh seseorang ke
fungsi normal dengan terapi-terapi khusus oleh tim terapist yang profesional.
Dengan misi untuk menyehatkan masyarakat melalui pelayanan fisioterapi yang
berkualitas maka klinik ini akan selalu berusaha memberikan pelayanan yang
terbaik dan kepuasan pelanggan merupakan sesuatu hal yang penting bagi klinik
tersebut.
Namun, ada beberapa keluhan-keluhan yang dialami oleh para pelanggan baik
pelanggan internal maupun eksternal yaitu berkenaan dengan lamanya waktu
antrian yang disebabkan banyaknya aktivitas-aktivitas yang masih dikerjakan
secara manual. Oleh karena itu, perbaikan terhadap proses bisnis layanan klinik
ini perlu dilakukan.
Perbaikan didapatkan melalui analisis nilai tambah dan penggunaan streamlining
tools setelah sebelumnya memahami dan mengukur efisiensi proses bisnis
eksistingnya. Dari hasil perbaikan tersebut, didapatkan suatu proses bisnis usulan
yang memberikan tingkat efisiensi lebih baik dibandingkan dengan proses bisnis
eksistingnya.
Hal tersebut ditunjukkan oleh tabel perbandingan di bawah ini :
Sub proses
Proses bisnis eksisting Proses bisnis usulan
Waktu siklus Efisiensi Waktu siklus Efisiensi
Pendaftaran pasien umum baru 117,52 0,52 104 0.59
Pendaftaran pasien umum
lama 108,32 0,45 82,28 0,59
Pendaftaran pasien perusahaan
baru 117,07 0,52 104,07 0,59
Pendaftaran pasien perusahaan
lama 107,47 0,45 82,09 0,59
Penagihan bon ke perusahaan 132,5 0,63 88,51 0,94 Sistem Informasi, Business Process Improvement